Cara Cepat Dan Mudah Mengatasi Sesak Nafas

Cara Cepat Dan Mudah Mengatasi Sesak Nafas,- Sesak nafas, adalah suatu keadaan dimana respiratory rate (RR) atau pola nafas seseorang lebih dari normal yaitu 16 sampai 20 kali permenit.  Untuk mengatasi sesak nafas ada berbagai cara mulai dari yang tidak menggunakan obat sampai yang menggunakan obat. Untuk mengatasi sesak nafas, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa penyebab dari terjadinya sesak nafas sehingga penanganan yang diberikan tepat karena beda penyebab pasti beda penanganan.

Sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satu diantaranya adalah karena sebuah penyakit atau memang kedaan normal. Sesak nafas yang diakibatkan oleh suatu penyakit pun bisa bermacam – macam. Biasanya terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan paru – paru, misalnya penyakit asma, bronkitis, PPOM (penyakit paru obstruksi menahun), pnemonia dan masih banyak lagi. Sesak nafas yang diakibatkan karena kelainan pada jantung misalnya gagal jantung kongestif (CHF), pericarditis dan masih banyak lagi. Kita mengetahui fakta penting tentang jantung dan paru – paru yang berperan dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah, sehingga bila jantung atau paru – paru mengalami gangguan hal tersebut akan berpengaruh dalam proses pernafasan. Sesak nafas yang disebabkan suatu keadaan normal dan bukan merupakan sebuah tanda dari penyakit antara lain karena kehamilan, stress, berada di ketinggian 5000 kaki.

Jika sesak nafas terjadi, harus segera dilakukan tindakan penanganna karena kemungkinan besar dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan atau lebih buruknya bisa berkaibat pada kematian. Hal – hal pertama yang bisa dilakukan di rumah apabila ada keluarga kita yang mengalami sesak nafas antara lain:

Berikan Lingkungan Yang Nyaman Dan Tenang

Jika salah satu anggota keluarga kita mengalami sesak nafas berikan lingkungan yang tenang dan jangan sampai dikerumuni oleh banyak orang. Karena semakin banyak orang yang mengerumuni udara akan menjadi pengap dan oksigen menjadi sedikit sehingga akan memeperburuk sesak nafas.

Berikan Posisi Setengah Duduk
Jika keluarga sobat ada yang mengalami sesak nafas, segera mungkin berikan posisi tidur setengah duduk (45o  – 90o) dengan cara diberi bantal. Posisi ini membantu paru – paru lebih mudan untuk mengembang sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal.

Ajarkan Nafas Dalam Dan Panjang
Ajarkan orang yang mengalami sesak nafas untuk melakukan nafas dalam dan panjang. Cara untuk melakukan hal ini yaitu minta orang tersebut untuk menatik nafas sedalam mungkin instruksikan untuk menahan nafasnya selama 3 detik lalu minta untuk menghembuskan nafasnya melalui mulut secara perlahan. Hal ini juga bisa digunakan untuk tekhnik relaksasai jika sobat mengalami stres atau rasa sakit yang sedikit mengganggu. Catatan : untuk tekhnik ini jangan gunakan pada orang yang sesak nafas karena adanya suatu sumbatan misalnya dahak. Jika orang tersebut berdaha yang cukup banyak sehingga mengganggu proses pernafasannya berikan minum air hangat dan minta untuk batuk.

Hindari Alergen
Sesak nafas yang disebabkan karena asma biasanya terjadi karena adanya suatu alergi misalnya terhadap udara dingin atau debu. Untuk mengurangi sesak nafas karena asma sobat harus menghindari alergen  tersebut. Bila sesak nafas sudah terjadi sobat bisa memberikan obat bronchodilator agar jalan nafas kembali normal. Obat – obat tersebut bisa sobat dpatkan dengan mudah di apotik, tapi untuk lebih jelas dan lebih aman konsultasikan dulu dengan dokter.

Pertolongan dengan Tenaga Medis
Bila sesak nafas tidak dapat segera teratasi segera bawa ke tenaga medis untuk mendapat pertolongan lebih lanjut, pertolongan yang diberikan tenaga medis bisa berupa pemberian oksigen, atau nebulizer.

Nah, itulah beberapa Cara Cepat Dan Mudah Mengatasi Sesak Nafas yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sesak nafas. Harap diingat, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat untuk jangka panjang, karena obat itu sendiri merupakan racun bagi tubuh. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi obat, salah - salah malah bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal. Cerdaslah dalam penggunaan obat adalah hal yang paling baik dan bijaksana. Alternatif lain dari obat medis adalah obat herbal. Salah satu obat herbal yang dapat membantu mengatasi sesak nafas adalah Jelly Gamat Gold-G.

Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Cepat Dan Mudah Mengatasi Sesak Nafas"

Posting Komentar